SP-stikom ; hari terakhir..

bebas, lepas..

Pagi ini, tgl. 26 Agustus 2009 pukul 07.00 wita saya berangkat dari rumah menuju kampus stikom bali di bilangan jl. Teuku umar Denpasar. Perjalanan selama 35 menit 45 detik tidak terasa pagi ini sebab suasana masih blum macet kendaraan. Hanya ada beberapa kendaraan ukuran besar (truk container) melintas sedikit menghambat perjalanan saya. Tidak seperti hari-hari biasa di depan kampus sudah menunggu beberapa mahasiswa saya untuk mengikuti kelas saya terakhir hari ini di semester pendek stikom bali 2009/2010. Antusias mahasiswa membuat saya lebih bersemangat pagi ini, entah karena ini hari terakhir mengajar atau memang hawa pagi masih sejuk dan segar untuk kuliah.

Tepat pukul 08.00 wita saya memulai kelas pagi dengan pengantar untuk diskusi dan presentasi dari mahasiswa tentang laporan tugas kuliah yang telah saya berikan awal semester. Tampak sangat menarik, mahasiswa sangat bersemangat mengikuti diskusi kali ini. Tidak ada satu pun dari mereka tampak tidak bersemangat. Bahkan, ada 2 atau 3 orang mahasiswa yang berulangkali angkat jari untuk bertanya dan memulai diskusi. Saya sungguh merasa puas dan bangga atas semangat mereka. Namun, dalam hati saya masih bertanya; apa sebenarnya motif mereka sampai begitu bersemangat.

Waktu menunjukkan pukul 09.30 wita saatnya saya menutup kelas pagi ini dengan ucapan terima kasih karena telah mengikuti perkuliahan selama satu semester ini. Mahasiswa masih tetap bersemangat dan menitip pesan agar saya tidak pelit dengan nilai. Saya hanya tersenyum dan berpesan jangan samapi mereka mengulang mata kuliah ini dan ketemu saya di mata kuliah berbeda semester berikutnya.

(dari Ruang Dosen stikom)

Tinggalkan Balasan

