S1-Terapan; kini saatnya sarjana vokasi unjuk gigi

Sarjana Sains Terapan (S.ST) merupakan gelar vokasi yang diberikan kepada lulusan program pendidikan diploma 4. (Wikipedia.org)

Sarjana Sains Terapan di Indonesia

Gelar program pendidikan diploma IV dan sarjana (S1) adalah sama, yaitu sarjana. Untuk pendidikan akademik program sarjana, gelar ditulis di belakang nama yang berhak dengan mencantumkan huruf S diikuti inisial bidang studi, dan untuk pendidikan vokasi program diploma 4, gelar ditulis di belakang nama yang berhak dengan mencantumkan huruf S.ST(Sarjana Sains Terapan). Beban studi program pendidikan diploma IV dan sarjana (S1) adalah sama. (Wikipedia.org)

Sarjana Sains Terapan di negara lain

Di luar negeri, misalnya di Australia, Sarjana Sains Terapan disebut dengan Bachelor of Applied Science. (Wikipedia.org)

Pranala luar

Sejalan dengan kebutuhan akan lulusan Sarjana yang mempunyai keahlian yang langsung dapat diterapkan di dunia kerja (industri), banyak perguruan tinggi mulai membuka program S1-Terapan (Sarjana Sains Terapan) dalam berbagai bidang ilmu.

Pendidikan vokasi sebenarnya sejak lama hadir dalam dunia pendidikan di Indonesia. SMK sebagai sekolah vokasi tingkat atas dan Politeknik merupakan perguruan tinggi vokasi yang dirancang untuk Indonesia. Namun perkembangan lembaga pendidikan tinggi saat ini bahkan universitas pun berlomba membuka pendidikan vokasi (S1-Terapan).

Sejatinya jalur pendidikan di Indonesia sudah mulai pada kiblatnya, demikian terlihat dari semakin jelasnya pemisahan jalur pendidikan vokasi dan pendidikan akademik. Setidaknya jalur pendidikan vokasi dimulai dari SMK dan Politeknik sebagai perguruan tinggi vokasi sedangkan jalur pendidikan akademik dimulai dari SMU/SMA dan Universitas sebagai perguruan tinggi akademik. Namun, saat ini masih terjadi beberapa kerancuan dalam menafsirkan jalur pendidikan di Indonesia, dimana terlihat banyak perguruan tinggi akademik (universitas) yang membuka program pendidikan vokasi (Diploma dan S1-Terapan) yang sebenarnya sudah jelas dimiliki oleh perguruan tinggi vokasi yakni Politeknik.

Kini pendidikan vokasi sedang naik daun, mulai dari SMK yang semakin populer dengan kemampuan vokasinya menghasilkan mobil Esemka dan Laptop Esemka, sampai pada Politeknik yang menghasilkan Ahli Madia Terapan dan Sarjana Sains Terapan yang dapat diserap langsung oleh Industri.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s