Cara Investasi yang Benar dan Aman

INVESTASI vs TRADING

Anda harus membedakan terlebih dahulu kedua arti tersebut, karena saling bertolak belakang.

Investasi yaitu anda duduk diam dapat uang (pasif saja) , tetapi hasil yang diperoleh biasanya kurang signifikan (kalah dengan trading) dan tergantung kepada pengelola uang anda tersebut. Tetapi Investasi juga bisa aman dan untuk masa pensiun kelak jika memilih dengan benar dan tepat. Selain itu investasi juga dapat meningkatkan Capital Gain atau Pertumbuhan Modal.

Trading yaitu anda harus ikut aktif , tetapi hasil yang diperoleh bisa sangat besar ataupun justru merugi. Dan untuk Trading adalah tergantung kepada kemampuan anda sendiri.

Mengenai Trading, anda disarankan untuk menempatkan dana anda di perusahaan broker yang terpercaya dan memiliki regulasi yang jelas dan aman. (Anda bisa membaca penjelasannya di halaman yang lain pada web kami yang membahas tentang broker)

Untuk Investasi, kami akan membahas di halaman ini, karena seringkali masyarakat sangat buta perihal investasi ini, dan akhirnya salah mengambil jalan dan ikut semacam Money Game, Arisan Berantai, Saham Pre-IPO yang tidak jelas, dan HYIP yang ujung-ujungnya pasti akan hilang ataupun dibawa lari uangnya oleh pengelolanya.

HYIP, Money Game dan semacamnya pasti menawarkan Mimpi-Mimpi cara cepat menjadi kaya, padahal itu semua tidak logis dan berbohong. Karena kalau dia sendiri (si pengelola tersebut) bisa begitu, maka dia sudah kaya raya kan dan buat apa repot-repot berjualan atau mencari dana orang lain lagi, dan kenapa dia juga tidak pinjam uang saja di bank… yang dimana dia hanya perlu memberi imbal hasil yang kecil kepada bank kan.. (bunga bank paling max paling hanya 1% / perbulan, bahkan di luar negeri bunga bank dibawah 1% per bulan lo)

Contoh: HYIP memberi anda return 10% per bulan (bahkan ada yang lebih), padahal kalau dia si pengelola HYIP tsb meminjam uang di bank, dia cukup memberi ke banknya 1% per bulan bukan.. (hemat 9%) , nah kenapa dia tidak pinjam ke bank saja ?? KARENA, Bank tidak bisa dibohongi, jadi dia memperdaya orang-orang awam !

Nah oleh karena itu kita harus jeli dan berpikir tajam, jangan mau dibohongi oleh orang-orang yang tidak benar seperti itu lagi.

Mengenai cara investasi yang benar, ada berbagai macam, yaitu:

  • Properti, seperti membeli properti dan disewakan, ataupun membeli tanah untuk disimpan
  • Beli emas, dan disimpan untuk jangka panjang
  • Kolektor produk-produk antik bernilai tinggi
  • Franchise yang bisa pasif income, seperti Indomaret, Alfamart, Apotek K24, dll.
  • Bisnis (sebagai komisaris ataupun penyerta modal pasif saja), tetapi hati-hati ya karena bisnis juga banyak yang tidak benar pula.
  • Berinvestasi langsung di saham-saham yang benar dan kredibel / bluechip
  • Reksadana Saham
  • Obligasi (bond) , diutamakan yang Obligasi Pemerintah agar lebih aman seperti ORI (Obligasi Republik Indonesia), ataupun Obligasi dari perusahaan swasta yang sudah solid seperti Astra.
  • SUN (Surat Utang Negara), Sukuk
  • Deposito di bank (jangan di rentenir ya), tapi deposito sangat kecil returnnya dan bisa habis termakan inflasi
  • Pemilihan Unit Link secara tepat pada produk Asuransi

Mengenai beberapa produk investasi diatas, kami tidak membahas semuanya, karena kompleksitasnya yang bila dibahas di sini tidak akan selesai dan sangat panjang. Kami hanya membahas secara Singkat mengenai Reksadana, Obligasi, Sukuk dan Unit Link.

Untuk pemilihan lembaga investasinya, kami menyarankan anda untuk ikut pada produk-produk yang ditawarkan oleh lembaga keuangan yang resmi dan legal di Indonesia (yang terdaftar di BAPEPAM), seperti pada produk-produk di Bank-Bank yang BESAR (sebaiknya jangan di bank-bank kecil ya), selain itu di produk-produk pada perusahaan sekuritas yang terdaftar di Bapepam itu juga boleh (seperti Danareksa, Trimegah, Mandiri Sekuritas, Panin Sekuritas, dll).

Pemilihan produknya boleh pada produk-produk investasi yang umum, yaitu seperti Reksadana, Unit Link, Obligasi (bond), Sukuk Ritel, dan bahkan Deposito.

REKSADANA

Investasi yang sangat kami sarankan adalah pada produk-produk reksadana, dan mengenai reksadana ini kami menyarankan untuk memilih produk REKSADANA SAHAM, karena produk ini bagus untuk investasi jangka panjang diatas 5 tahun, dan anda dapat meningkatkan capital gain (pertumbuhan modal) di waktu tersebut ataupun untuk masa pensiun anda kelak. (reksadana saham ini sangat bergejolak tetapi ujung-ujungnya pasti akan naik di masa panjang tersebut, cocok sekali untuk uang pensiun kelak). Tetapi jika tujuan anda adalah short term dibawah 5 tahun dan uang investasi tersebut adalah untuk uang dapur/uang usaha bisnis anda, maka sebaiknya jangan ikut di reksadana saham.

Untuk reksadana saham, kami anjurkan anda untuk mengambil produk-produk yang dikeluarkan oleh perusahaan besar, aman, legal, dan yang SUPER KREDIBEL menurut kami, yaitu seperti keluaran dari perusahaan Schroder, Manulife, BNP Paribas dan Panin Sekuritas (Panin Dana Maksima). Karena performance mereka sangat bagus dan layak untuk kita ambil.

Beberapa Contoh nyata penerapan reksadana :

Di tahun 1997 bila anda menabung Rp.100 juta pada produk reksadana Panin Dana Maksima, maka tahun 2012 sekarang dana anda akan menjadi lebih dari Rp.5 Milyar .

Kemudian jika di tahun 2000 anda menabung di reksadana saham Schroder Dana Prestasi Plus sebesar Rp.100 juta, maka di tahun 2012 sekarang dana anda sudah berkembang menjadi Rp. 2,1 Milyar

jika di tahun 2005 anda menabung Rp.1 Milyar di Schroder Dana Istimewa, maka di tahun 2012 sekarang dana anda sudah berkembang menjadi Rp.5 Milyar.

Dari beberapa contoh diatas, anda bisa melihat perkembangan mereka jika diendapkan secara jangka panjang.

Untuk detail prospektus mereka, anda boleh meminta dan bertanya kepada petugas bank , mereka dapat memberikan data-data pertumbuhannya, dan itu nyata tanpa rekayasa.

UNIT LINK

Sedangkan bila anda ingin memilih produk-produk jenis unit link yang bisa dibundle dengan asuransi, maka mereka bisa anda dapatkan di perusahaan Asuransi Terkemuka, seperti Prudential, Acelife, Manulife, Generali, Sequis life, Axa, dan sebagainya. Prinsip kerja unit link adalah seperti Reksadana, hanya saja return lebih kecil (karena terpotong biaya-biaya untuk asuransi), dan kelebihannya anda bisa mendapatkan manfaat asuransi pula.

Untuk UNIT LINK pada asuransi ini, mintalah pengaturan komposisinya 50:50 ataupun 60:40 atau bahkan 70:30 (investasi harus yang lebih besar), karena seringkali ada agen yang buruk yang memberikan anda komposisi investasi hingga 20:80 atau kurang, dan itu jelas merugikan anda, karena nilai investasi anda bisa sangat buruk. (agen asuransi mendapatkan komisi dari uang yang ditempatkan pada nilai asuransinya dan bukan pada nilai investasi, jadi agen pada dasarnya lebih suka bila penempatan asuransi anda lebih besar dari top up investasinya, karena komisi dia bisa lebih besar. Jadi anda harus jeli dan pintar ya, jangan salah penempatannya !)

Untuk Unit Link pada Asuransi ini mintalah penempatan pada portfolio saham. Karena asuransi adalah untuk jangka panjang, sehingga penempatan di saham adalah yang terbaik.

OBLIGASI , FR , ORI , SUN, SUKUK

Untuk pilihan produk jenis seperti obligasi, ORI, dan sukuk, produk ini seperti Deposito, dan bisa anda dapatkan pada bank-bank yang umum, seperti di BCA, BRI, Mandiri, CIMB Niaga, HSBC, Bank Mega, Standard Chartered, Citibank, Commonwealth, BII, dan sebagainya. Dan prinsip kerja produk obligasi dan sukuk adalah sama seperti deposito, hanya saja disini bunga lebih tinggi, terjamin 100%, dan bisa menikmati extra capital gainnya pula, walaupun Capital Gainnya tidak akan bisa setinggi seperti Reksadana Saham. Serta di Obligasi dan Sukuk ini terdapat jangka waktunya.

Untuk produk-produk diatas, anda juga bisa memantau perkembangan mereka pada koran Bisnis Indonesia di setiap harinya, ataupun melihat pada website Bapepam.

anda bisa menanyakan secara lebih detail perihal produk-produk tersebut kepada petugas bank anda, mereka siap membantu memberi penjelasan lebih lengkap.

Mulai sekarang, tinggalkan HYIP, Money Game, Arisan Berantai, MLM Binary, ataupun tawaran-tawaran investasi diluar sana yang menjanjikan keuntungan tinggi atau Mimpi-Mimpi cara cepat kaya dalam sekejap. Karena hal-hal seperti itu berbahaya semua, tidak legal, tidak bisa untuk jangka panjang, dan sangat tidak bertanggung jawab.

Semoga bermanfaat !

(Brokerforex.com)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s