Cara Mencari Data Harga Saham di Website Yahoo!Finance

Artikel oleh

finance_stock_market_238814_mTanya:

Bagaimana cara mencari data historical stock price perusahaan tercatat di Bursa Efek Indonesia melalui website Yahoo!Finance?

Jawab:

Data historis seperti data harga saham perusahaan tercatat, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), Indek LQ45, JII, Kompas 100, Bisnis-27, Pefindo25, SRI-KEHATI, ISSI, IDX30, INFOBANK15, Indeks Manufaktur dan Indeks Sektoral lainnya dapat diperoleh di website yahoo!finance dengan cara sebagai berikut:

1. Buka website Yahoo!Finance : http://finance.yahoo.com/
2. Ketik kode emiten di kotak Get Quotes, kemudian klik Get Quotes, seperti gambar berikut:
YFinance1

3. Klik Historical Prices
4. Tentukan periode observasi (Start Date dan End Date) dan holding period (Daily, Weekly, atau Monthly), kemudian klik Get Prices, seperti gambar berikut: YFinance2

5. Untuk mengunduh data, klik Download to spreadsheet, seperti gambar berikut:
YFinance3

6. Sedangkan untuk mengunduh data harga saham atau indek lainnya, masuk kode emiten atau indeks di kotak Get Historical Price for, kemudian klik Go, seperti gambar berikut:
YFinance4

7. dan untuk mengunduh data berikutnya, lakukan cara yang sama pada langkah ke-6, begitu seterusnya sampai seluruh data diperoleh.

Catatan:

Kepada pengunjung blog yang belum mempunyai kode emiten atau indeks, Anda dapat melihatnya di website Yahoo!Finance juga dengan cara sebagai berikut:

  1. Pada kotak Get Quotes, ketik ^JK, kemudian klik Get Quotes;
  2. Klik Stocks untuk mendapatkan kode/simbol emiten;
  3. dan klik Indices untuk mendapatkan kode/simbol indeks dan sektor.

 

Cara Lain:

Selain cara yang sudah saya jelaskan sebelumnya, pencarian data dapat juga langsung melalui Microsof Office Excel 2007, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pastikan bahwa komputer anda sudah tersambung dengan jaringan internet.
  • Buka Microsof Office Excel, pada menu utama pilih dan klik Data, kemudian klik From Web, akan muncul kotak New Web Query, seperti gambar berikut:

  • Pada kotak New Web Query > Address, ketikkan alamat website yahoo finance, yaitu: http://finance.yahoo.com/ dan tekan Go atau Enter.
  • Pada kotak Finance Search ketikkan kode emiten, misalkan AALI.JK. Kode emiten yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Yahoo Finance ditambahkan dengan .JK setelah kode emiten.
  • Pada kotak More On AALI.JK pilih dan klik Historical Price.
  • Pada Set Data Range tentukan periode data pada Start Data dan End Data, kemudian tentukan jenis data (Daily, Weekly, atau Monthly. Misalkan Start Data: 1 Januari 2010, End Data 31 Desember 2010 dan Monthly, setelah itu, klik tombol Get Price.
  • Pada area tabel Prices terdapat 3 tanda panah, pilih dan klik tanda panah kedua dan ketiga, seperti gambar berikut:

  • Kemudian tekan tombol Import, akan muncul kotak Import Data.
  • Pada contoh ini Kotak Import diisikan dengan =sheet1!$A$1, artinya data ditempatkan pada sheet 1 kolom A baris 1, kemudian klik tombol Ok.
  • Tunggu beberapa saat, data yang Anda cari sudah diperoleh.
  • Oleh karena data hasil import dari Yahoo Finance diurutkan mulai data terbaru (Newest) s.d. data terlama (Oldest), yaitu data Desember 2010 s.d. Januari 2010, maka urutan data tersebut harus dirubah menjadi data terlama s.d data terbaru, yaitu Januari 2010 s.d.Desember 2010, dengan cara sebagai berikut: (1) Blok data dari A3 s.d G17 (A3:G17), (2) Setelah itu, klik kanan mouse dan kemudian pilih Sort > pilih dan Klik Sort Oldest to Newest, dan (3) Sekarang, data sudah terurutkan dari periode awal ke periode akhir (Januari s.d Desember).

Demikian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat…!!!

Satu pemikiran pada “Cara Mencari Data Harga Saham di Website Yahoo!Finance

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s